Friday, October 10, 2014

Bahan Apa yang Cocok Buat Hijab Kamu ?


Selain warna dan model, apa yang kamu pertimbangkan bahan apa yang digunakan dalam memilih/membeli hijab atau busana yang akan Kamu kenakan ?

Sebagian dari wanita muslimah mungkin tak terlalu mempersoalkan material bahan ap yang digunakan untuk membuat hijab yang mereka kenakan. selain bahan yang tidak menerawang dan tidak menonjolkan lekukan tubuh, kita juga bisa mempertimbangkan bahan untuk menunjang  penampilan dalam mengkreasikan penampilan kita dan aspek kenyamanan dalam menggunakannya.

Apa saja jenis-jenis bahan hijab yang penting untuk Kamu ketahui ?

KATUN

Katun memiliki beberapa jenis, diantaranya katun combed dan katun caded. Perbedaan nya adalah, Katun Combed memiliki serat yang lebih halus dibandung katun caded serta rajutan katun combed lebih rata.

(+) Kelebihan : Karena bahan katun terbuat dari 100% murni dari kapas alami, jenis kain ini memiliki tekstur yang halus, dingin, dan menyerap keringat sehingga tetap nyaman walau di cuaca panas, serta cocok dipakai di acara santai.

(-) Kekurangan : Jenis bahan ini sedikit susah dibentuk sesuai keinginan karena material bahan yang tebal dan  juga kesat ketika dipakai sebagai hijab.

CIFON

Bahan Cifon terbuar dari bahan dasar kapas, sutra, dan serat sintesis. Jenis kain ini tergolong tipis sehingga ringan dikenakan dikepala

(+) Kelebihan :  Hijab berbahan ini akan memberikan kesan elegan bagi orang yang mengenakannya. sehingga jenis ini cocok jika digunakan untuk acara semi-formal maupun formal.
(-) Kekurangan : Bahan Cifon tidak cocok dikenakan saat cuaca panas dan kusam


SPANDEX / LYCRA

Ciri dari bahan spandex/lycra yang paling menonjol adalah bahannya yang bersifal lebih elastis. Bahan ini juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik, karena itulah sering banyak digunakan untuk membuat pakaian dalam.

(+) Kelebihan : Karena memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik, bahan ini tetap nyaman digunakan saat cuaca panas. Dan karena teksturnya yang cukup elastis, hijab berbahan spandex cukup mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai keinginan.
(-) Kekurangan : Bahan ini mudah melar jika dicuci dengan cara yang tidak benar.


KAOS

Kaos merupakan bahan hijab yang nyaman digunakan untuk sehari-hari.
(+) Kelebihan : Nyaman digunakan saat cuaca panas, mudah dibentuk untuk dibuat beragam hijab, dan tidak mudah luntur.
(-) Kekurangan : Bahan kaos mudah melar setelah dicuci berkali-kali


RAYON

Bahan ini juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik. dan cocok untuk dikenakan sehari-hari, karena memiliki kesan yang Casual

(+) Kelebihan : Teksturnya mudah diatur dan disesuaikan dengan keinginan, serta nyaman dipakai pada saat cuaca panas karena bahannya mampu menyerap keringat dengan baik
(-) Kekurangan : Bahan ini mudah kusut dan terkadang luntur saat dicuci, jika digunakan terlalu lama, bahan ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, karena menyerap keringat.


SUTRA

Bahan yang digolongkan cukup mewah dan membutuhkan perawatan khusus.

(+) Kelebihan : Bahan ini sangat nyaman digunakan untuk hijab karena bahannya yang dingin dan lembut, cocok digunakan sehari-hari maupun menghadiri acara formal
(-) Kekurangan : Mudah luntur dan kusut jika tidak dirawat dengan penanganan yang salah


POLYESTER

Bahan hijab yang cukup fleksibel untuk digunakan diamanapun, dari digunakan sehari-hari sampai untuk ke pesta.

(+) Kelebihan : Tidak mudah kusut dan tidak memerlukan perawatan Khusus
(-) Kekurangan : Bahan yang cocok untuk digunakan di cuaca panas karena berdaya serap yang kurang, dan tekstur yang kaku membuat bahan ini susah untuk dikreasikan dengan berbagai model hijab.

KASHMIR 

Bahan ini cukup tebal, dan semakin sering dicuci bahan ini semakin halus. Bisa dikategorikan sebagai bahan yang tergolong mewad dengan kualitas prima. Jangan heran jika bahan kashmir yang asli dapat menguras kantong.

(+) Kelebihan : Dengan model yang lentur bahan jenis ini mudah di kreasikan menjadi berbagai jenis hijab.
(-) Kekurangan : Bahan ini cukup tebal dan tidak cocok dipakai dicuaca yang panas.


JERSEY

(+) Kelebihan : Hijab berbahan jersey memiliki tekstur lembut dan ringan sehingga sangat nyaman dipakai, serta memberi kesan jatuh saat dipakai.
(-) Kekurangan : Teksturnya akan membuat wajah yang menggunakannya terlihat lebih berisi.

VOILE

(+) Kelebihan : Bahannya halus dan lembut sehingga sangat nyaman dipakai dan cocok digunakan pada siang hari.

(-) Kekurangan : Bahannya tidak lentur sehingga sulit untuk dikreasikan.


Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan dari beberapa bahan tersebut, yang terpenting adalah bagaiamana kita memilih bahan tersebut disaat dan waktu yang tepat.

Semoga bermanfaat. :)

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 LAHIJAB BLOG